SWAYAMWARA TRIPITAKA GATHA (STG) ke-XI 2023

Swayamwara Tripitaka Gatha ke-XI digelar di Kota Magelang, Jawa Tengah sejak Rabu (1/11/2023) yang berlangsung selama lima hari. Kegiatan tersebut diikuti oleh 1.500 umat Buddha perwakilan tiap provinsi di Indonesia yang mengusung tema “Meningkatkan Kebersamaan dan Sinergitas Umat Buddha untuk Indonesia Maju”. Direktur Urusan dan Pendidikan Agama Buddha Nyoman Suriadarma mengatakan bahwa pada STG ke-XI ini ada 14 jenis lomba yang dikompetisikan. Yakni Lomba Wajib Pembacaan Dhammapada, Lomba Wajib Pembacaan Paritta (Bahasa Pali), Lomba Wajib Pembacaan Sutra/Mantra/Darani (Bahasa Sansekerta), Lomba Wajib Pembacaan Keng (Bahasa Mandarin), Lomba Wajib Dhammadesana Bahasa Indonesia, Lomba Wajib Dhammadesana Bahasa Inggris, dan Lomba Wajib Dhammadesana Bahasa Mandarin, serta Lomba Menyanyi Solo Lagu Buddhis.

Provinsi Jawa Timur juga turut andil dalam mengirimkan para kontingennya (umat Buddha) dari berbagai kabupaten dan/kota se-Jawa Timur. Sebelum menuju ke Magelang, seluruh peserta dan tim berada di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan arahan dari Bapak Satimin S.Ag selaku Pembimas Buddha Jawa Timur.

Yayasan Dana Paramita Majapahit turut serta menjadi pendukung untuk menyukseskan kontingen Jawa Timur di STG XI 2023 sekaligus menjadi komitmen YDPM dalam mewujudkan salah satu dari tujuh ruang lingkup pengembangan yakni keagamaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *